Trik Memilih Rumah untuk Pasangan Mudah

  • 3 min read
  • May 25, 2021
Trik Memilih Rumah untuk Pasangan

Mungkin kamu dan pasangan sudah punya dana atau budget yang yang pas dan cukup untuk membeli rumah. Akan tetapi pada kenyataannya ketika membeli rumah tetap saja ini jadi perkara yang tidak mudah. Lahh, kok bisa gitu ya? Ya bisa aja dong, mengingat dalam beli rumah merupakan sebuah belanja yang besar serta sebagai aset investasi jangka panjang, kita pun tidak bisa hanya sembarangan saja, kita lun harus teliti dalam menimbang segala sesuatunya secara matang dan pas. Langkah pertamanya mungkin akan sulit serta bisa menyita waktu ketika menyusun rencana untuk membeli rumah baru, akan tetapi kamu pasti akan terbayar semua rasa lelah salama ini ketika nantinya kamu dan pasangan bisa tinggal di rumah yang sudah diidam-idamkan sejak dulu. Akan tetapi sebelum itu bisa terjadi, apa aja ya yang harus kamu perhatikan ketika sebelum membeli rumah baru.

Agar untuk bisa menjawab semua pertanyaan itu, saya juga akan berikan tips membeli rumah baru untuk pasangan yang baru pertama kali.

Merencanakan Anggaran

Seperti yang kita tahu bahwa rumah itu untuk seluruh anggota keluarga, jadi hal ini memang sangat membutuhkan anggaran yang lumayan banyak agar nantinya bisa mendapatkan hasil yang baik. Maka dari itu, kita juga perlu merencanakan tentang anggaran yang harus disiapkan terlebih dahulu, ataupun Keterbatasan kemampuan saat membayar pada masing-masing komponen. Hal ini juga punya tujuan agar keputusan ketika membeli rumah tanpa harus membebani kondisi keuangan keluarga kamu demi memenuhi kebutuhan pokok lainnya, ataupun untuk kebutuhan sekunder yang juga penting yang sebelumnya belum ada. Hal ini juga berguna untuk informasi, karena pihak bank umumnya sering menyertakan angsuran Kredit Pinjaman Rumah atau KPR setiap bulannya sebesar 30% penghasilan bersih atau bisa digabungan suami dan istri. Hal ini juga bisa kamu jadi tolak ukur untuk batas kemampuan membayar jika nanti kamu ingin meminjam uang di bank, dengan catatan kamu dan pasangan tidak punya utang lainnya.

Pembayaran Rumah Harus Kamu Tahu

Jika kamu dan pasangan sudah mantap merencanakan anggaran untuk beli rumah baru, langkah berikutnya kamu harus mengenali metode pembayaran yang berlaku. Hal ini juga jadi sangat penting, sehingga kamu bisa paham akan biaya dan juga persyaratan apa saja yang diperlukan dalam beli rumah baru. Agar developer juga semakin yakin dengan kesungguhan kamu ingin membeli rumah tersebut, kamu juga bisa lengkapi dengan bukti keseriusan, misalnya seperti booking fee.

Jika kamu sudab booking fee, yang artinya sebuah pembayaran berbentuk uang sebagai tanda komitmen dalam mengikat atau memesan sebuah unit properti. Biasanya besaran uang yang disyaratkan, dalam booking fee tidak punya patokan pasti, dan juga berbeda-beda dalam setiap jenis hunian ataupun pengembang properti.

Cari Lokasi yang Strategis

Jika kamu sudah paham tentang hal yang dasar pada ulasan sebelumnya, maka kamu langsung bisa mulai menentukan lokasi rumah baru yang kamu inginkan. Ketika kamu menentukan lokasi ini mampu juga mempertimbangkan berdasarkan pada berbagai aspek, bisa dari lokasi yang tidak mudah terkena banjir, banyak akses yang mudah serta strategis, ataupun mempertimbangkan atas sumur, tanah, sampai dengan besar atau kecilnya anggaran yang dipunyai.

Cari Developer yang Terpercaya

Langkah berikutnya dalam memilih rumah baru yaitu berdasarkan pengembang atau developer. Kamu harus bisa pastikan bahwa pihak pengembang ataupun developer yang akan dipilih juga sebagai pihak yang bisa dipercaya. Kamu bisa mendapatkan developer terpercaya dengan cara menggali informasi seputar catatan atau track record project sebelumnya, sehingga developer punya masalah ataukah terdapat kejanggalan dalam proyek properti yang telah digarap sebelumnya? Apabila developer tidak punya masalah, maka kamu juga bisa memilih produk properti dari pihak pengembang tersebut. Namun, kamu juga jangan lupa pastikan kembali pada produk properti dari developer yang kamu pilih apakah punya kisaran harga jual yang sesuai dengan anggaran yang kamu punya.

Pilih Tipe Rumah yang Sesuai

Para developer properti juga biasanya punya beberapa produk properti beserta tipe yang luas tanah serta bangunan yang tidak sama. Misalnya seperti tipe rumah yang sedang populer misalnya seperti tipe 70, 60, 45, dsn juga tipe 36. Dalam menentukan tipe rumah yang sesuai dengan kebutuhan maka kamu bisa lihat produk rumah yang ada pada developer yang telah kamu pilih, serta kemudian menentukannya bisa dengan anggaran yang kamu punya. Ketika menentukan tipe rumah kamu juga pastikan bahwa tidak akan memaksakan keinginan agar busa punya rumah impian. Untuk bisa lihat alternatif lain dan agar tetap anggaran tidak terkuras.  Kamu juga bisa memilih rumah dengan pilih konsep rumah yang dapat dibangun ataupun di renovasi kedepannya.

Usahakan Tidak Punya Kredit Macet

Ketika kamu akan membeli rumah dengan cara kredit, maka kamu juga harus pastikan bahwa kamu dan pasangan tidak punya kredit yang macet atau banyak tunggakan pembayaran. Katika kamu punya kredit macet atau banyak tunggakan pastinya akan jauh lebih sulit untuk mendapatkan approval atau persetujuan pinjaman Kredit Pinjaman Rumah dari pihak bank. Karena pihak bank akan mempertimbangkan kamu apakah punya kemampuan dan kepatuhan ketika membayar kredit. Bukan hanya itu, pada pihak bank umumnya juga akan memperhitungkan jumlah kredit ataupun tunggakan berjalan  pada  pendapatan kamu setiap bulan, kemudian pada track record kredit macet apabila nanti kamu pernah melakukannya sebelum itu.

Nah, demikianlah beberapa tips sebelum membeli rumah baru bagi pasangan baru, kamu juga bisa membeli rumah di grand galaxy park Bekasi yang sudah lama menggeluti profesi developer terbaik di Indonesia dan juga banyak pilihan tipe rumah yang bisa kamu dapat sesuai selera dan juga anggaran.