Sumber: piqsels.com

Saat ingin membeli laptop dengan spesifikasi yang kita butuhkan memiliki harga selangit. Akan tetapi kondisi keuangan kita tidak mencukupi untuk membeli laptop dengan spesifikasi yang diinginkan. Maka salah satu opsi yang bisa kita pilih adalah dengan membeli laptop second atau laptop bekas. Kini banyak toko-toko gadget yang menjual laptop bekas karena banyaknya minat konsumen pada komputer portable. Sehingga toko laptop semakin menjamur di Indonesia.

Ada sebagian orang yang masih ragu untuk membeli laptop bekas dikarenakan kualitasnya yang tidak menjamin. Padahal membeli laptop bekas tidak ada salahnya lho, asalkan kamu bisa memilihnya dengan tepat. Laptop bekas dengan kualitas mumpuni pun bisa didapatkan. Maka dari itu, ketika membeli laptop bekas, harus melakukan pengecekan secara seksama pada komponen-komponen laptop yang dipilih. Kira-kira apa saja yang harus diperhatikan saat membeli laptop bekas, ya?

  • Cek Kondisi LCD dan Layar

Cek Kondisi LCD dan Layar

Sumber: piqsels.com

Periksa dengan jeli semua bagian LCD dan layar, baik saat dimatikan ataupun saat dinyalakan. Pastikan tidak ada bintik-bintik atau warna yang berbeda di sudut layar ketika laptop mati. Cara mudah untuk mengetahui apakah terdapat dot pixel atau bintik-bintik di layar laptop bekas adalah dengan mengubah bagian wallpaper dengan warna hitam atau putih polos.

Lalu, perhatikanlah apakah ada warna selain hitam di layar. Untuk mengecek LCD, kamu bisa mencoba membuka dan menutupnya secara perlahan. Jika layar laptop bermasalah, biasanya layar akan terasa kendur ketika digoyang-goyangkan dan mengeluarkan warna putih atau hitam. Layar yang bergelombang juga bisa menjadi tanda bahwa layar mulai rusak. Cek juga apakah ada bentuk retakan atau goresan pada layar LCD saat beli laptop Dell bekas. Pastikan tidak terdapat diskolorisasi di setiap sudut layar.

  • Periksa Kondisi Body-nya

Periksa Kondisi Body-nya 

Sumber: ruanglaptop.com

Hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan saat membeli laptop bekas adalah memeriksa kondisi body laptop tersebut. Apakah terdapat retak atau lecet di body laptop bekas? Kalau memang dirasa masih mulus, berarti si pemilik sebelumnya merawat laptop tersebut dengan baik dan kamu bisa mempertimbangkan itu. Namun, kalau body-nya ada keretakan atau lecet, sudah dipastikan laptop tersebut pernah terjatuh. Tidak menutup kemungkinan juga, komponen yang ada didalamnya mengalami sedikit kerusakan dari dampak jatuhnya laptop bekas tersebut.

  • Cek Bagian Hardisk

Cek Bagian Hardisk 

Sumber: tek.id

Kondisi pada bagian hardisk juga perlu kamu perhatikan. Kamu bisa memastikan hardisk yang dipakai sudah sesuai dengan spesifikasi dari pabrikannya. Jika memang standarnya menggunakan hardisk 500GB, maka laptop yang bakal kamu beli pun harus mempunyai kapasitas yang sama. Setelah itu, periksa situasi hardisk tersebut. Melakukan pengecekan secara keseluruhan memang perlu waktu yang tidak sebentar.

Namun, cara cepat untuk memeriksa keadaan hardisk adalah dengan mencoba meng-copy-paste file dengan menggunakan File Explorer. Pastikan file berkapasitas besar. Kalau proses pemindahan file-nya cukup lama atau tidak normal, ini bisa menjadi tanda bahwa kondisi hardisk tersebut sudah terkena bad sector. Supaya lebih aman, ada baiknya kamu minta untuk mengganti hardisk lain atau mencari laptop yang lainnya.

  • Cek Kondisi Charger dan Baterai

Cek Kondisi Charger dan Baterai 

Sumber: medcom.id

Kondisi charger dan baterai juga perlu dilakukan pengecekan. Salah satu cara melakukan pengecekan kondisi baterai adalah dengan menggunakan laptop selama beberapa menit dan membuka beberapa software yang cukup berat. Lalu, lihat level baterai laptop tersebut dari awal dan setelah dipakai. Kalau kamu menggunakannya selama kurang lebih 10-15 menit dan baterai berkurang dengan cepat, maka bisa jadi sel pada baterai telah mengalami kerusakan.

Untuk mengecek charger-nya, coba sambungkan kabel charger laptop ke stop kontak. Lihat, apakah proses pengisian baterainya berjalan dengan normal atau lambat. Selain itu, pastikan juga keadan kabel charger tidak terkelupas serta tidak hidup mati sendiri saat dipakai.

  • Periksa Bagian Soketnya

Periksa Bagian Soketnya

Sumber: laptopschamp.com

Dalam memeriksa laptop bekas tentunya kamu perlu melakukan pengecekan di bagian soket atau di lubang laptop tersebut. Apakah masih berfungsi atau tidak? Untuk memastikannya, kamu bisa membawa headset, kabel HDMI, flashdisk dan SD card untuk mengecek kegunaan soket-soketnya masih berfungsi dengan baik atau tidak. Periksa juga pada bagian slot DVD-nya, apakah masih berfungsi untuk memutar film? Pastikan juga keyboard, speaker dan webcam-nya masih berfungsi dengan normal.

Itu dia 5 hal yang perlu kamu perhatikan ketika membeli laptop bekas. Sebelum membeli laptop bekas, tentunya kamu juga perlu melakukan survei harga lebih dulu dan pastikan sudah menentukan seri dan merek laptop yang kamu inginkan. Sehingga kamu pun bisa mengetahui harga pasarannya saja di toko jual laptop MSI. Untuk harga memang tergantung dengan kondisi barang yang kamu pilih. Namun, lebih baik kamu mempunyai harga patokan yang bakal berguna ketika kamu mau bernegosiasi dengan si penjualnya. Baca juga Tempat Wisata Pantai di Belitung yang Wajib Kamu Datangi.