Pengertian stroke  

Stroke merupakan suatu kondisi  terjadi disebabkan pasokan darah ke otak mengalami gangguan  atau berkurang sehingga terjadi penyumbatan (stroke iskemik) atau yang kita kenal pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik), jika kita Tanpa darah yang mengalir ke otak tidak sehingga oksigen dan nutrisi tidak dapat masuk dan bekerja maksimal, sehingga sel fungsi otak kita akan mati dan tidak bisa merespon saraf yang ada di tubuh kita  sebagian area otak mati, sehingga tidak dapat dikendalikan oleh area otak yang rusak tidak dapat berfungsi dengan baik. Umumnya jika kita lalukan penanganan secara cepat dan tepat dapat meminimalkan kerusakan otak dan kemungkinan munculnya komplikasi penyakit lainnya yang berbahaya bagi kesehatan.

Menurut penelitian Ikatan Dokter Indonesia (IDI) khusunya dibidang  kesehatan pada tahun 2017 di Indonesia terdapat lebih dari 3 juta penduduk, atau 13 dari 2000 penduduk, menderita stroke dengan persentase terbesar berasal dari provinsi Sulawesi dan Sumatra, stroke merupakan pembunuh nomor 2 di Indonesia, setelah jantung  lebih dari 20% kematian di Indonesia penyebabnya penyakit  stroke. Pola hidup yang kurang sehat salah satunya penyebanya karena kita kurang berolahraga.

Gejala dan Penyebab Stroke

Gejala stroke mungkin setiap orang berbeda pada tiap penderitanya, namun secara umum dapat kita simpulkan yang paling sering dijumpai adalah:

  • Bagian tubuh ada yang tidak berfungsi /mati rasa
  • Bicara tersendat dan tidak lancar (bentuk bibir berubah agak miring)
  • Bagian yang terkena stroke biasanya berbeda bentuknya lebih kecil

Penyebab stroke jelas sangat bervariasi, biasanya dikarenakan  gumpalan darah pada pembuluh darah di otak, tekanan darah tinggi(hipertensi), serta kolestrol.

Resiko tinggi bagi yang mengalami stroke biasanya yang menderita  penderita tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, berat badan berlebih (obesitas), dan diabetes(gula darah). orang yang tidak pernah  olahraga, apalagi yang punya kebiasaan buruk mengonsumsi alkohol dan merokok.

Pengobatan dan Pencegahan Stroke

Jika pasien mengalami serangan stroke pertama biasanya pengobatannya masih mudah ,mungkin dengan melakukan terapi saraf bisa mengembalikan fungsinya kembali kembali kita apakah melakukan terapi atau dengan obat dokter ada juga dengan  melakukan operasi.

Untuk mencegah terjadi stroke, biasanya dokter menyarankan  kita untuk:

  1. Menerapkan pola hidup sehat .
  2. Jangan malas Berolahraga secara rutin
  3. Jauhi mengkonsumsi obat obat terlarang (NARKOBA), merokok dan mengonsumsi minuman keras.

Berikut kami ajarkan bagaiman cara senam anti stroke:

  1. Jalan di tempat selama 2×8 hitungan
  2. Tepuk tangan 2×8 hitungan
  3. Tepuk jari 2×8 hitungan
  4. Tepuk jalin tangan 2×8 hitungan
  5. Silang ibu jari 2×8 hitungan
  6. Adu sisi kelingking 2×8 hitungan
  7. Adu sisi telunjuk 2×8 hitungan
  8. Ketok pergelangan 2×8 hitungan
  9. Ketok nadi 2×8 hitungan
  10. Tekan jari jari 2×8 hitungan
  11. Buka dan mengepal 2×8 hitungan
  12. Menepuk punggung tangan 2×8 hitungan
  13. Menepuk lengan dan bahu 2×8 hitungan
  14. Menepuk pinggang 2×8 hitungan
  15. Menepuk paha 2×8 hitungan
  16. Menepuk samping betis 2×8 hitungan
  17. Jongkok berdiri 2×8 hitungan
  18. Menepuk perut 2×8 hitungan
  19. Kaki jinjit 2×8 hitungan

Semoga bermanfaat  jangan lupa kunjungi Toko SehatQ, jika anda ingin membeli obat pencegah Stroke dan lainnya  salam SehatQ, semoga di jauhkan dari penyakit, ingat mencegah lebih baik daripada mengobati.