Proses penyambungan pipa untuk masing-masing jenis pipa tentu saja berbeda. Penyambungan menggunakan sambungan pipa untuk jenis pipa PVC lebih mudah untuk dilakukan dibandingkan dengan menyambungkan pipa galvanis. Padahal pipa galvanis cukup penting keberadaannya dalam mengalirkan air.

Pipa galvanis menjadi pilihan untuk mengalirkan air bersih. Penyambungan pipa galvanis cukup sulit, karena itu biasanya proses penyambungan dilakukan oleh plumber untuk menyambungkannya. Walaupun begitu, tidak ada salahnya untuk mengetahui cara yang tepat untuk menyambung pipa galvanis sendiri.

Metoda threaded

Cara ini cukup sering digunakan, yaitu dengan membuat ulir pada kedua ujung pipa yang akan disatukan. Metode ini cukup mudah untuk dilakukan bagi pemula, selain mudah juga aman karena tidak mengeluarkan percikan api yang banyak. Kekurangan dari metode ini adalah akan membuat pipa menjadi lebih tipis karena diulir sehingga akan lebih rentan mengalami kebocoran.

Metode Flange

Metode ini biasanya digunakan untuk menyambungkan pipa non permanen, artinya pemasangan pipa hanya dilakukan untuk jangka waktu yang singkat dan akan dibongkar lagi. Untuk mempermudah kamu dalam membongkar pipa, ada baiknya menggunakan metode flange saat menyambungkan pipa.

Cara cukup mudah yaitu dengan menyambung kedua bagian pipa, kemudian ditahan dengan kuat. Setelah itu kamu liliti bagian sambungan pipa dnegan menggunakan flange. Metode ini sangat efektif jika digunakan untuk jangka waktu singkat, namun tidak cocok untuk jangka waktu panjang karena bahan flange mudah terlepas.

Metode spigot

Proses penyambungan pipa dengan spigot harus didukung dengan ukuran diameter pipa yang berbeda. Cara ini sangat sederhana, kamu cukup memasukkan pipa dengan ukuran diameter yang lebih kecil pada pipa dengan ukuran diameter yang lebih besar.

Agar sambungan pipa benar-benar kuat dan tidak terlepas, maka sebaiknya gunakan paku rivet pada kedua ujung pipa yang disambungkan.

Bagaimana? Sangat mudah bukan, setelah mengetahui ini kamu tidak perlu lagi untuk menyewa plumber dan mengeluarkan uang. Proses penyambungan pipa galvanis yang penting untuk dijaga adalah memastikan ukuran diameter dan juga panjang dari pipa telah sesuai dengan yang diinginkan. Ini akan membantu kamu untuk meningkatkan keefektifan dalam bekerja.