Proses Pemakaman jenazah Covid 19 di TPU Damai Kupang

  • 2 min read
  • Apr 01, 2021
proses pemakaman covid di tpu damai kupang
Table Of Content [ Close ]

Para pekerja tukang gali makam yang biasanya hanya berapa kali menggali tanah sehari dan membuat makam agar lebih rapi dengan menggunakan keramik. Namun, dimasa pandemi covid 19 ini di tpu damai kupang terdapat tiga kelompok untuk setiap kelompok terdiri dari 6 orang pekerja yang berjumlah 18 orang serta terdiri dari 3 kelompok itu akan selalu siap untuk menunggu informasi tentang pemakaman jenazah di tpu damai kupang.

Dengan menggunakan alat yang tidak terlalu lengkap, para pekerja akan selalu menggali dan menjaga sampai ratusan makam setiap hari. Sehingga setiap hari para pekerja menunggu apabila ada yang menghubungi, maka para pekerja akan langsung menggali tanah untuk pemakaman. Namun dimasa pandemi covid 19, para pekerja sudah menguburkan sampai puluhan jenazah, meski merasa ada ketakutan dan kecemasan, akan tetapi akan tetap berusaha melakukan yang terbaik agar dapat memakamkan jenazah. Selain itu, banyak keluarga yang datang ke makam tpu damai kupang pada siang hari untuk menggunakan jasa para pekerja tukang gali makam, namun sering tidak berada dilokasi dikarenakan harus pulang untuk makan siang. Akan tetapi, para pekerja tukang gali makam di tpu damai kupang ini sudah menempel nomor handphone yang dapat dihubungi, sehingga apabila ada hal yang penting dapat menghubungi nomor tersebut.

Para pekerja gali makam juga tetap menggunakan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, yang didapatnya secara gratis dari pihak dinas sosial.

TPU Damai Kupang

Ada beberapa hal mengenai biaya yang dibutuhkan apabila ingin melakukan perawatan makam di tpu damai kupang dengan menggunakan keramik atau bahan yang lain, hal ini dilakukan agar makam menjadi lebih rapi. Di masa pandemi ini mungkin menjadi lebih banyak, seiring banyaknya korban covid 19 yang meninggal, sehingga bisa menggali makam sampai puluhan.

Berikut beberapa hal mengenai biaya yang dibutuhkan untuk membuat makam agar terlihat rapi di tpu damai kupang, yaitu:

  1. Biaya penggalian makam di tpu damai kupang dan upah untuk para pekerja serta bahan material mencapai 4.5 juta rupiah, hal itu akan dibayar sekaligus. Namun apabila ingin menggunakan bahan yang biasa mungkin harga lebih berbeda dan model yang seperti apa yang ingin digunakan untuk membuat makamnya. Dan apabila biaya sudah siap maka pengerjaan makam akan dilakukan.
  2. Ukuran dari makam pada saat awal menggali dan seterusnya memiliki ukuran dengan panjang 2 meter serta lebar 1 meter lebih. Untuk proses pengerjaan dan juga pemasangan selanjutnya seperti keramik makam akan menggunakan bahan dari pemesan dan biaya ditanggung oleh pemesan.
  3. Untuk pembuatan makam sampai dengan pemasangan keramik, membutuhkan bahan-bahan seperti semen, pasir, batu bata atau batako, dan keramik. Untuk total keseluruhan yang dikerjakan itu sendiri di luar biaya tukang bisa mencapai 3 jutaan. Dan hal itu apabila menggunakan bahan yang sederhana. Namun, jika menggunakan bahan-bahan yang mewah dan mahal bisa mengeluarkan biaya sampai belasan juta rupiah dan itu sudah termasuk dengan biaya tukang.

Bagi anda yang akan melakukan perawatan makam, mungkin beberapa penjelasan tentang biaya yang dibutuhkan untuk membuat makam agar lebih rapi diatas, dapat dijadikan sebagai rencana biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat makam bagi salah satu anggota keluarga yang ditinggalkan. Sehingga dengan adanya perawatan dan perbaikan makam, bisa membuatnya terlihat lebih rapi dan terawat, seperti halnya makam-makam di tempat pemakaman yang lain seperti di San diego hills Jakarta atau tpu yang lainnya.