Melihat Ciri-ciri Bayi yang Cerdas

  • 1 min read
  • Aug 05, 2021
Ciri-ciri Bayi yang Cerdas

Siapa bilang sih Ibu yang sedang hamil tidak boleh banyak bergerak? Namun, adan penelitian terbaru dari University of Montreal, Kanada, yang menunjukkan fakta sebaliknya. Hasil penelitian yang dipaparkan pada konferensi Neuroscience pada tahun 2013 lalu di San Diego, Amerika Serikat ini, juga menyebutkan Ibu yang sedang hamil harus lebih aktif bergerak lho.

Dalam penelitian yang melibatkan 60 Ibu yang hamil ini dibagi menjadi dua. Untuk Grup pertama yakni 30 Ibu yang hamil yang berolahraga secara rutin misalnya seperti berjalan atau joging selama 20 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu. Sedangkan grup kedua terdiri Ibu yang hamil tapi tidak beraktivitas fisik sama sekali.

Setiap bulannya, para Ibu yang hamil yang menjadi responden penelitian tersebut menjalani pemeriksaan di University of Montreal supaya bisa diukur tingkat kebugarannya. Dan kira-kira enam bulan setelahnya di mana bayi telah lahir, penelitian juga telah melibatkan para bayi tersebut. Yakni tepatnya, saat bayi berusia 8 sampai 12 hari.

Penelitian juga mengukur aktivitas otak bayi pada usia 8 – 12 hari sesudah dilahirkan yang dilakukan secara langsung sehingga penelitian ini juga memiliki hasil spesifik mengenai kemampuan kognitif janin,” hal ini juga dikatakan oleh Elise Labonte-LeMoyne, Ph.D., dari University of Montreal selaku panitia penelitian. Para bayi tersebut juga memakai alat semacam topi yang dilengkapi monitor untuk merekam aktivitas elektrik yang ada di otaknya. Para peneliti kemudian memutar bunyi-bunyian dengan volume suara yang rendah secara berulang kali untuk didengar bayi. Sesekali, peneliti juga akan menyelingi bunyi-bunyian tersebut dengan suara bergemuruh.

Kemudian Bayi dengan perkembangan otak yang belum matang juga akan merespons suara ini yang terekam dalam grafik melonjak. Namun, bayi yang dilahirkan oleh Ibu yang hamil dan rutin berolahraga akan cenderung memiliki grafik yang tumpul. Dan ini berarti otak bayi tersebut lebih matang. Jadi jika ibu ingin bayi yang cerdas maka saat hamil ibu bisa selalu melakukan olahraga yang sesuai dengan masa kehamilan, sehingga ciri ciri bayi cerdas akan kelihatan.