Lakukan ini Agar Anak Bisa Belajar Membaca Lebih Cepat!

  • 2 min read
  • Aug 20, 2020
Lakukan ini Agar Anak Bisa Belajar Membaca Lebih Cepat!

Mengajak anak belajar membaca memanglah menjadi suatu keharusan bagi para orangtua. Pasalnya, membaca adalah salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh setiap anak. Bahkan, meskipun mereka sudah sekolah, masih banyak ditemukan anak-anak yang kesulitan saat harus mengeja kata demi katanya. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar anak bisa membaca lebih cepat.

Bacakan Cerita dengan Rutin

Untuk mengajari anak membaca tidak serta merta mengharuskan anak terus-terusan belajar sendirian. Justru cara yang paling baik agar anak bisa membaca dengan cepat adalah dengan sering membacakan anak buku cerita atau buku-buku lain yang sesuai dengan usianya. Sebaiknya bacakan anak ketika kondisinya sedang tenang seperti menjelang tidur. Pasalnya, semakin sering anak dibacakan buku, semakin akrab ia untuk mengenal kata-kata, huruf hingga bisa memicu anak jadi senang membaca.

Perkenalkan Jenis Huruf

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengajak anak belajar membaca adalah  memperkenalkan jenis huruf. Sebaiknya, kenalkan terlebih dahulu jenis-jenis huruf kecil dibandingkan huruf besar. Pasalnya, huruf kecil inilah yang seringkali ditemui oleh anak dan kuantitas huruf yang ditemukan pun lebih banyak di kegiatan sehari-hari.

Namun yang perlu diperhatikan adalah, jangan mengenalkan huruf sebelum Anda memberikan buku bacaan tertentu pada anak. Pasalnya, ketika anak sudah akrab dengan bacaan atau tulisan, akan tersimpan di memorinya mengenai bentuk-bentuk huruf. Dengan begitu, saat ada gambaran mengenai bentuknya, saat Anda memberi tahu namanya maka mereka akan lebih mudah mengerti.

Sediakan Waktu untuk Membaca Bersama

Membuat anak belajar membaca dengan cepat bukan berarti Anda harus memaksanya terus belajar. Atau mencekoki anak agar terus mengeja huruf demi hurufnya setiap hari. Jutsru sebaiknya ajak anak untuk membaca bersama. Ketika momen ini, orangtua bisa sekalian mengajarkan bagaimana cara membaca kumpulan huruf atau suku kata. Anda bisa membuatkan beberapa kumpulan suku kata, berikan contoh pengucapannya dan ajak anak untuk mengulanginya.

Ajak Anak ke Perpustakaan

Pada dasarnya, anak akan semakin cepat bisa membaca ketika ia mudah dalam mendapatkan akses segala buku bacaan. Coba untuk selalu menyediakan buku bacaan di rumah atau di sekeliling anak. Hal itu untuk memicu ketertarikan anak untuk membaca. Lebih bagus lagi jika tampilan buku bacaannya punya tampilan visual yang bagus. Sesekali juga bisa mengajak anak pergi ke perpustakaan. Hal ini pun bisa menambah minat anak agar mau belajar membaca lebih cepat.

Gunakan Cara Belajar yang Menyenangkan

Kebanyakan orangtua atau bahkan guru di sekolah sering lupa perihal bagaimana cara mengajarkan anak untuk membaca. Alamiahnya seorang anak-anak adalah senang dengan cara-cara yang menarik dan menyenangkan. Begitu pun ketika orang tua sering menggunakan buku untuk mengajari anak membaca. Jika dilakukan terus menerus, tentu anak bisa saja merasa bosan.

Untuk itu, Anda bisa coba cari cara lain. Beberapanya seperti membuat sarana belajar membaca berbentuk poster, bacaan dengan gambar-gambar yang bagus dan menarik, atau gunakan permainan dengan warna menarik  yang bisa memicu kertertarikannya. Jangan lupa juga agar menunjukan semangat Anda sebagai orang tua saat mengajak anak belajar. Pasalnya, senergi positif yang diberikan oleh orangtua bisa memicu pertumbuhan energi positif juga bagi sang anak.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa dilakukan agar anak mau membaca dan belajar lebih cepat. Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis anak jika terdapat beberapa permasalahan yang hadir pada anak Anda. Tentunya melalui aplikasi Halodoc sebagai solusi permasalahan kesehatan dan solusi dalam mendapatkan berbagai informasi menarik di dunia medis.