Mengupayakan kesehatan haruslah dilakukan dengan maksimal karena menjadi sehat adalah kebutuhan setiap manusia. Sayangnya upaya ini kurang seimbang dengan kebiasaan hidup yang dilakukan karena sering kali manusia justru melakukan hal-hal yang membahayakan kesehatannya. Gaya hidup yang kurang sehat seperti merokok dan makan makanan berlemak telah menjadi salah satu kebiasaan yang sering dilakukan masyarakat. Untuk mengupayakan kesehatan, tindakan pencegahan perlu dijadikan kebiasaan baik setiap hari selain upaya pengobatan maksimal. Untuk membantu pengobatan maksimal, ada cara yang mudah mempersiapkannya yaitu dengan memiliki asuransi kesehatan khususnya asuransi untuk penyakit yang kritis.

Penyakit kritis merupakan penyakit yang memerlukan pengobatan dan perawatan jangka panjang. Yang termasuk dalam penyakit kritis antara lain penyakit gangguan ginjal, jantung, tumor, kanker dan penyakit berat lainnya. Dengan kebiasaan manusia yang sering menerapkan pola hidup kurang sehat, penyakit kritis telah menjadi penyakit yang banyak diderita bahkan menjadi sebab kematian banyak orang. Kanker terutama merupakan penyakit yang menjadi momok manusia karena mematikan terutama bagi penderita kanker yang baru terdiagnosa di stadium lanjut. Bagi penderita kanker yang berhasil di diagnosa pada stadium dini pun juga akan membutuhkan pengobatan dan perawatan jangka panjang dengan biaya yang tak sedikit. Penderita kanker bisa diobati dengan operasi yang bisa terjadi lebih dari satu kali, kemoterapi dan radiasi yang semuanya memerlukan biaya besar.

Asuransi untuk penyakit kritis akan memberikan Anda dan keluarga perlindungan apabila mengalami salah satu dari jenis penyakit kritis yang termasuk dalam perlindungan sesuai polis yang disepakati. Penderita penyakit kritis akan memerlukan pengobatan dan perawatan jangka panjang. Sebagai contoh penderita kanker yang memerlukan operasi mungkin bukan hanya satu kali saja, begitu juga dengan terapi kemoterapi yang bisa mencapai 5 hingga 10 kali terapi. Semua itu akan memerlukan biaya besar dan memakan waktu hingga berbulan-bulan. selain penderita kanker, penderita penyakit jantung dan stroke juga bisa membutuhkan perawatan dan terapi medis jika mengalami masalah pada saraf dan anggota gerak.

Jika Anda masih ragu dengan asuransi penyakit ini, berikut adalah point-point dimana Anda perlu mempertimbangkan untuk membeli asuransi kesehatan khususnya untuk penyakit kritis:

  • Kondisi finansial keluarga.

Jika terjadi kasus penyakit kritis dalam keluarga, apakah sekiranya Anda dan keluarga bisa membiayai pengobatannya hingga tuntas? Apakah keluarga memiliki tanggungan lainnya yang juga harus dibayarkan misalnya cicilan rumah atau biaya sekolah anak? Beberapa asuransi kesehatan bukan hanya memberikan cover terhadap biaya kesehatan saja, namun juga biaya pengganti apabila yang sakit adalah seorang kepala keluarga.

  • Faktor resiko.

Beberapa jenis penyakit kritis seperti kanker dan penyakit jantung merupakan penyakit turunan sehingga bagi Anda yang memiliki keluarga dengan riwayat penyakit kritis memiliki resiko lebih besar terkena penyakit yang sama sehingga persiapannya lebih dibutuhkan.

Dari ilustrasi diatas, diharapkan Anda mengetahui pentingnya memiliki asuransi penyakit kritis apabila Anda dan keluarga memiliki resiko yang lebih besar terkena penyakit tersebut. untuk membeli produk asuransi kesehatan yang tepat, Anda harus memilih perusahaan asuransi yang tepat juga sehingga mampu memberikan cover atau perlindungan seperti yang dibutuhkan. Untuk memilih perusahaan asuransi, nama besar perusahaan merupakan hal yang bisa menjadi point pemilihan karena dengan memiliki nama yang sudah populer berarti perusahaan asuransi tersebut sudah memiliki reputasi yang baik dalam memberikan pelayanan asuransi kepada masyarakat.