Genset merupakan alat pemasok energi listrik yang saat ini sudah semakin banyak digunakan oleh perusahaan maupun industri. Dulu genset hanya digunakan sebagai back up ketika terjadi kerusakan atau pemadaman listrik PLN. Akan tetapi, saat ini di beberapa tempat penggunaan genset menjadi sumber energi utama untuk men-supply kebutuhan listrik dalam jumlah yang besar.

Jenis genset untuk yang digunakan harus memiliki kapasitas yang maksimal dan berkualitas bagus karena digunakan untuk waktu yang lumyan lama. Agar genset tidak mudah rusak, maka Anda harus sering melakukan commisioning genset (pemeriksaan) dan perawatannya agar listrik dapat mengalir dengan lancar tanpa hambatan.

Perawatan genset sebagai backup power kelistrikan harus dilakukan oleh tenaga yang ahli, karena ada sebagian besar perusahaan  yang tidak memiliki pekerja khusus untuk menangani generator listrik karena kerusakan yang jarang terjadi. Oleh karena itu, menggunakan jasa service genset adalah pilihan yang tepat. Selain lebih irit, hasil yang akan Anda dapatkan juga lebih terjamin karena dikerjakan oleh tenaga ahli.

Ada banyak kontraktor yang menawarkan jasa untuk commisioning genset dan service untuk proyek, salah satu yang terpercaya adalah Sewatama. Di tempat ini, selain service, Anda juga bisa menyewa genset, jika genset di tempat Anda sedang mengalami perbaikan.

Genset yang dipakai setiap harinya harus dilakukan pemeriksaan dan perawatan yang teratur. Ada beberapa tips yang dapat Anda coba untuk merawat genset gar tetap awet dan tidak mudah rusak, yaitu sebagai berikut.

  1. Tempatkan genset di lokasi yang luas dan memiliki aliran udara yang cukup.
  2. Bersihkan debu dan kotoranyang terdapat pada genset secara teratur.
  3. Gunakan genset seperlunya.
  4. Bila perlu, Anda dapat mengistirahatkan genset agar tidak mengalami kondisi over heat.
  5. Gunakan jasa service dan maintenance agar jika ada kerusakan pada genset, maka dpat segera ditangani.
  6. Jika perlu, Anda juga dapat berkonsultasi dengan Sewatama jika genset sudah mulai tidak bekerja dengan maksimal.

Jadi, commisioning genset dan perawatannya sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan, karena Anda hanya perlu menghubungi jasa service genset. Mulai dar check up, maintenance, hingga perbaikan, semuanya akan dilakukan oleh tenaga yang ahli dibidangnya dan profesional.