Cara Mengembalikan Pesan Arsip di Telegram

  • 2 min read
  • Jun 08, 2021
Cara Mengembalikan Pesan Arsip di Telegram

Apakah Anda salah satu orang yang menggunakan Telegram Messenger di sebuah perangkat iOS? Nah pas sekali hari ini saya juga akan mengenalkan sebuah telegram yang sedang update fitur menarik yang diberikan oleh pihak atau team pengembang Telegram untuk mereka para pengguna iOS.

Pihak pengembangan juga telah menambahkan beberapa fitur baru yang ada di aplikasi telegram namun ada sebuah fitur yang paling menarik ialah mode arsip yang dapat digunakan untuk menyimpan chat penting yang juga bersifat pribadi dan yang ingin diakses lebih cepat ataupun mungkin malah chat tidak penting namun sayang untuk dihapus karena tidak ingin mencari lagi chat tersebut.

Dengan adanya mode arsip ini sehingga memungkinkan dapat kamu temukan dari bagian Chat dan juga akan langsung swipe ke kiri kemudian tekan bagian Archive pesan tersebut namun apakah kamu juga tahu tentang bagaimana cara mengembalikan pesan arsip di telegram? Jika tidak pas sekali saya juga akan memberikan tutorial-nya kepada kalian semua yang belum tahu cara mengembalikan pesan yang di arsipkan namun sebelum itu saya masih ingin mengulas kelebihan dari fitur arsip ini dan akan dilanjutkan setelahnya.

Dengan adanya fitur ini maka kamu akan dapat mengharsipkan chat di bagian yang tersembunyi yang tidak akan orang bisa tahu keberadaannya kecuali kamu sendiri. Langsung saja kamu bisa akses bagian ini dengan cara bisa scroll ataupun gulir ke bagian bawah dari bagian utama Chat kamu.

Namun sebelum itu ada catatan kecil yang harus kamu ingat dan jangan sampai kamu lupa akan hal ini, pada kotak Archive Chat maka akan tampil di mode Chat ketika ada salah satu pesan di dalamnya yang mendapatkan notifikasi ataupun ada yang mengirimkan pesan baru ke chat kamu.

Kemudian kamu bisa langsung notifikasi ini kamu akses, maka kotak tersebut juga akan kembali hilang alias tersembunyi lagi begitupun seterusnya, nah dengan adanya informasi ini kamu jadi tidak salah sangka terhadap aplikasi ini yang menilai buruk. Namun bayangkan saja jika kamu mengarsipkan pesan dan kemudian ada yang mengirimkan pesan baru tapi tidak ada notifikasi maka kamu akan kebingungan untuk membalasnya.

Akan tetapi jika sebuah fitur tersebut sudah di setting maka pesan yang diatur dalam mode Mute Chat juga akan tetap diam tanpa memberikan notifikasi apapun sehingga kamu tidak akan tahu jika orang yang kamu arsipkan pesannya dan di mute juga maka ketika orang tersebut mengirimkan pesan tidak akan memberikan notifikasi apapun.

Kemudian ketika kotak Archive Chat tampil, kamu juga dapat menyembunyikannya secara cepat dengan mode swipe ke arah kiri. Kemudian ada daftar pesan di dalam Archive Chat juga bisa kamu atur menggunakan mode Pin supaya kamu tetap terlihat di bagian atas ataupun sesuai urutan.

Saat ini aplikasi Telegram Messenger tidak akan memberikan batas jumlah Pin atau pesan yang dapat kamu arsipkan, semua itu telah dibebaskan sesuai kebutuhan para penggunanya. Bukan hanya ada fitur di atas saja, namun aplikasi Telegram Messenger versi 5.6 juga telah mengusung beberapa fitur baru lainnya. Berikut ini daftar lengkapnya yang mungkin bisa kamu gunakan:

  1. Geser ke kiri pada obrolan untuk mengarsipkannya.
  2. Geser ke kiri pada arsip untuk menyembunyikannya dari daftar obrolan.
  3. Sematkan obrolan dalam jumlah tak terbatas di arsip Anda.
  4. Lihat siapa yang online langsung dari daftar obrolan dan menu berbagi.
  5. Salin tautan ke pesan di grup pribadi untuk dibagikan dengan anggota grup lainnya.
  6. Gunakan kode sandi 6 digit untuk mengunci Telegram Anda.
  7. Hapus stiker yang baru saja digunakan.
  8. Segera update Telegram Messenger ke versi terbaru ya.