Cara Melihat Pesan yang Diarsipkan di Telegram

  • 2 min read
  • May 28, 2021
Cara Melihat Pesan yang Diarsipkan di Telegram

Saat ini telah banyak aplikasi per pesanan ataupun chating yang bisa kamu gunakan salah satunya ada dengan menggunakan aplikasi chatting dari Telegram. Aplikasi Telegram sekarang juga telah luncurkan berbagai fitur yang keren untuk semua pengguna sistem operasi Android dan juga sistem operasi iOS. Dengan adanya pembaruan ini penggunaan dapat menikmati berbagai fitur baru dan juga lebih fresh untuk dinikmati dan pembaruan ini juga merupakan kedua kalinya yang telah dilakukan di tahun 2021 setelah sebelumnya telah muncul di bulan Januari 2021 lalu.

Pada pembaruan aplikasi telegram pada versi 7.5 ini, aplikasi Telegram juga telah menghadirkan berbagai fitur misalnya seperti menghapus pesan otomatis, adanya fitur tautan undangan baru, terdapat widget di beranda sebagai akses lebih cepat, sampai dengan fitur grup dengan anggota tidak terbatas. Dengan adanya fitur hapus pesan otomatis ini, maka kamu sekarang juga bisa menghapus pesan yang telah dikirim untuk melakukan chat ke pengguna lainnya.

Aplikasi Telegram juga sebelumnya sudah menghadirkan fitur ini, akan tetapi hapus pesan otomatis ini hanya berlaku kepada fitur pesan rahasia ataupun secret chats. Ada juga informasi yang di berikan oleh pihak Telegram nya yaitu berisikan kurang lebih seperti ini, mulai hari ini, kamu telah bisa mengaktifkan penghitung waktu secara otomatis pada semua obrolan di Telegram, dan akan secara otomatis bisa menghapus pesan untuk semua pengguna aplikasi telegram baik dalam penentuan settingan waktu 24 jam ataupun 7 hari (satu Minggu) setelah dilakukan pengiriman.

Seperti yang sudah saya katakan bahwa fitur hapus otomatis ini telah berlaku hanya untuk pesan yang telah dikirim setelah timer pesan tersebut diatur settingan nya. Bukan hanya itu, pesan juga akan bisa terhapus ketika pengguna telah mengirim pesan tersebut. Hal ini sangat berbeda dengan fitur di secret chats yang akan melakukan penghitungan pada saat pesan selesai dibaca.

Kemudian adanya fitur widget ini juga akan dimaksudkan untuk bisa melakukan akses cepat ke obrolan terpenting yang dimiliki oleh pengguna. Aplikasi Telegram juga telah menghadirkan dua mode widget yang dapat digunakan, antara lain yaitu seperti Shortcut Widget serta Chat Widget. Penggunaan atau fungsi dari Chat Widget, yaitu kamu juga bisa melihat preview dari pesan terbaru yang telah dikirimkan. Sedangkan pengertian dan juga fungsi dari Shortcut Widget hanya bisa menampilkan nama dan foto profil dari teman di Telegram.

Fitur Tautan Undangan di Grup

Tautan undangan merupakan sebuah cara cepat untuk bisa membawa 1 atau bisa sampai 1 juta ke pengguna melalui grup ataupun channel. Dengan adanya tautan grup baru ini, maka orang yang jadi admin dapat mengatur tautan dengan durasi terbatas maupun jumlah penggunaannya. Ada juga cara untuk melihat serta mengelola tautan undangan grup, yaitu dengan cara buka Grup ataupun Channel Profile kemudian pilih Edit dilanjut klik Invite Links.

Dengan begitu Grup baru ini juga mengubah kapasitas dari yang pertamanya hanya 200.000 anggota dan sekarang menjadi tidak terbatas atau tak hingga pengguna grup. Sehingga kamu ataupun admin juga bisa memasukan siapapun agar bisa bergabung ke dalam grup yang kamu buat.

Kemudian ada juga fitur pesan diarsipkan, yang bisa kamu pakai untuk bisa menyembunyikan pesan pribadi kamu agar tidak bisa terlihat oleh orang lain. Kamu juga bisa ikut cara melihat pesan yang diarsipkan di Telegram yang akan saya berikan di artikel selanjutnya.