Belum Yakin untuk Ambil Pinjaman Online Terbaik? Cek Dulu Beberapa Hal Ini!

  • 2 min read
  • Oct 31, 2020
Pinjaman Online Terbaik

Meskipun ada banyak lembaga keuangan mulai dari bank sampai dengan non bank yang menawarkan produk pinjaman kepada Anda. Pada dasarnya memang tidak boleh asal dalam menjatuhkan pilihan. Karena jika sampai salah langkah maka kemungkinan besar Anda akan menyesal kedepannya. Belakangan ini masyarakat lebih memilih untuk apply pinjaman online terbaik dibandingkan dengan mengajukan pinjaman ke bank. Bukan tanpa alasan tentunya, melainkan karena kemudahan yang ditawarkan oleh fintech.

Bahkan jika dilihat dari segi persyaratan sampai dengan prosesnya terbilang mempermudah masyarakat. Bahkan untuk apply sendiri bisa dilakukan lewat aplikasi. Jadi tak perlu repot-repot menyertakan banyak berkas secara langsung untuk mengajukan pinjaman tersebut. Bisa dilakukan kapan saja dan juga dari mana saja tentunya. Hanya saja faktor resikonya juga tinggi, apalagi jika seandainya Anda salah di dalam memilih fintech, lembaga yang tidak terpercayalah yang Anda jadikan sebagai pilihan. Kemungkinan besar akan menyebabkan masalah pada akhirnya.

Banyak tentunya diantara Anda yang masih belum yakin apakah ingin apply pinjaman ataukah tidak pada fintech tersebut. Paling tidak jika ingin keamanan maka cek terlebih dahulu beberapa hal berikut ini, yaitu:

  1. Legalitasnya, memilih fintech yang sudah legal menjadi bagian yang sangat penting untuk dilakukan. Mengingat hal ini berhubungan dengan keamanan pada setiap transaksinya. Cara untuk memastikannya sendiri sebenarnya sangatlah mudah. Yaitu cukup dengan memastikan apakah lembaga tersebut telah terdaftar di dalam Otoritas Jasa Keuangan ataukah belum. Jika seandainya memang sudah terdaftar dan juga didalam pengawasan OJK, maka lembaga keuangan ini sudah legal dan aman untuk beroperasi.
  2. Nilai suku bunga, selanjutnya jangan mengesampingkan suku bunga yang ditawarkan oleh fintech tersebut. karena berbeda perusahaan faktanya untuk nominal bunga yang diberlakukan juga berbeda. Ada yang masih dalam jumlah wajar, namun ada yang sudah tidak wajar, terlalu tinggi sehingga akan memberatkan pada saat pengembalian nantinya. Untuk itu pilihlah lembaga keuangan yang menawarkan suku bunga paling rendah, untuk keamanan diri sendiri.
  3. Cek biaya tambah yang diberikan, selain dari segi bunga maka yang tidak kalah penting adalah biaya tambah. Karena faktanya perusahaan pembiayaan ini tak hanya membebankan uang bunga saja, melainkan masih diimbangi dengan beban biaya lain, mulai dari biaya provisi, administrasi bahkan juga denda jika seandainya telat dalam membayar hutang tersebut.
  4. Tenor yang diberikan, jangan lupakan jangka waktu yang diberikan untuk melunasi hutang tersebut, karena faktanya tidak semua fintech memberikan tenor yang panjang. Justru lebih banyak diantaranya yang menerapkan tenor pendek, hal ini tentunya akan membuat Anda keberatan masalah nilai cicilannya bukan. Sehingga bisa jadi justru menyebabkan terkena denda karena telat membayar.
  5. Income, ingat bahwa setiap hutang harus dilunasi, sehingga penting sekali bagi Anda untuk memperhitungkan income bulanan, apakah masuk untuk membayar beban cicilan tersebut ataukah tidak, jika seandainya tidak mencukupi maka jangan paksakan diri untuk mengambil hutang. Nilai cicilan ini bisa dilihat secara mudah dari simulasi kredit yang diberikan.

Itulah diantaranya beberapa hal yang patut untuk Anda cek sebelum memutuskan ambil pinjaman online terbaik. Sebagai nasabah maka Anda yang dituntut untuk cerdas di dalam memilih, manakah lembaga keuangan yang terpercaya dan juga tidak, serta harus mengelola uang pinjaman tersebut secara bijak.