5 Langkah Melindungi Lansia di Rumah Agar Tidak Sampai Terjangkit Virus Corona

  • 2 min read
  • Apr 14, 2020
Virus Corona

Merebaknya virus Corona yang juga menjadi perhatian masyarakat di seluruh dunia. Memang membuat banyak bidang yang terkena imbasnya. Termasuk masalah ekonomi, krisis tengah mengancam masyarakat Indonesia akan keberadaan dari penyakit yang satu ini. sehingga pemerintah terus mengupayakan berbagai macam kebijakan untuk menekan angka penyebarannya. Jika dilihat di Indonesia sendiri sampai sekarang ini tercatat sudah lebih dari 2 ribu kasus yang tersebar di berbagai wilayah yang ada di Indonesia. Angka kematian lebih dari 200, begitu juga dengan jumlah yang sembuh.

Sampai saat ini sebenarnya kondisi yang paling ditakutkan dari penyebaran penyakit Covid 19 ini tak lain adalah belum adanya vaksin yang dapat digunakan untuk menyembuhkannya. Ditambah lagi dengan faktor resiko penyebarannya juga berlangsung secara cepat dan masif. Hampir semua orang beresiko tinggi untuk terserang penyakit Covid 19 tersebut. Mulai diantaranya adalah anak-anak sampai dengan orang lanjut usia. Hanya saja tingkat resikonya berbeda-beda, ada yang memang tinggi, namun juga tidak dapat dipungkiri jika seandainya ada yang rendah.

Umumnya lansia atau orang yang sudah berusia di atas 60 tahun memiliki kondisi kekebalan tubuh lemah. Jadi tidak dapat dipungkiri jika seandainya mereka jadi lebih mudah terserang penyakit ini dibandingkan dengan anak muda. Bagi Anda yang juga memiliki orang tua di rumah, maka berikut ini diantara beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk melindungi mereka dari virus Corona, yaitu:

  1. Tidak membuat rencana perjalanan selama wabah ini berlangsung, jika sebelumnya Anda dan juga orang tua memiliki rencana untuk travelling atau melakukan perjalanan ke luar kota atau bahkan sampai luar negeri. Maka pikirkanlah lagi sekarang, mengingat hal ini memungkinkan mereka untuk bertemu dengan banyak orang, termasuk mungkin yang membawa virus tersebut. Sehingga sangatlah berbahaya.
  2. Hendaknya biasakan mereka untuk menjaga kebersihan, mulai diantaranya adalah mencuci tangan menggunakan sabun, sampai dengan mencuci pakaian dan alat-alat yang biasanya digunakan sehari-hari. Apalagi orang tua terkadang acuh tak acuh terhadap hal yang satu ini, maka sebagai anak Anda yang harus berperan di dalam membantu untuk menerapkannya.
  3. Ajak melakukan kegiatan menyenangkan hanya di dalam rumah saja, para lansia tak jarang yang ingin selalu keluar rumah dengan alasan mencari udara segar atau ingin suasana yang baru. Karena sekarang ini juga sudah mulai diterapkan sistem kerja dari rumah. Maka waktu Anda bisa lebih banyak untuk mereka. Sehingga bisa mengajak untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan hanya di dalam rumah saja.
  4. Bagi Anda yang bekerja di luar kota atau merantau sebaiknya tahan terlebih dahulu keinginan jika ingin pulang dan mengunjungi orang tua. Manfaatkan sarana teknologi untuk saling bertukar kabar. Karena di dalam perjalanan inilah yang sebenarnya cukup riskan apakah Anda membawa virus tersebut tanpa disadari ataukah tidak. Untuk itu utamakan mencintai orang tua dengan tidak mudik terlebih dahulu.
  5. Pastikan untuk memberikan asupan makanan yang bernutrisi untuk mereka, mengingat bagaimanapun ini adalah hal penting yang berkontribusi di dalam meningkatkan sistem imuns atau kekebalan tubuh, sehingga nantinya tidak akan mudah terkena penyakit.

Itukah langkah yang dapat dilakukan untuk melindungi orangtua Anda agar tidak terjangkit virus Corona. Karena jika sudah tua dan sampai terserang Covid 19 ini, maka resiko atau dampaknya sangatlah berbahaya. Anda bisa melihat informasi terkait perkembangan wabah ini di situs Halodoc.